LATAR BELAKANG

Sebagai organisasi yang menjadi wadah berhimpun yayasan-yayasan / badan-badan penyelenggara pendidikan Kristen di Indonesia, sudah saatnya memiliki strategi utama sebagai penuntun menuju masa depan yang lebih jelas untuk dapat memenuhi tuntutan perubahan dan harapan-harapan semua pihak yang berkepentingan (stakeholders).

Pada awalnya, untuk mengoordinasikan dan memperjuangkan kepentingan pendidikan Kristen kepada pemerintah pusat dan daerah pada tahun 1936 dibentuklah Schoolraad voor Christelijke Schoolen in Nederlands Indie di tingkat Pusat dan di tingkat daerah dibentuk cabang Provinciale Schoolraden. Pada tahun 1950 dikukuhkan menjadi Majelis Pusat Pendidikan Kristen di Indonesia (MPPK) dan pada tahun 2000 diubah menjadi Majelis Pendidikan Kristen di Indonesia (MPK).

Tujuan MPK

Seperti tercantum dalam Anggaran Dasar Bab II Pasal 5 adalah :

Mengoordinasikan, membimbing dan membina usaha anggotanya serta memperjuangkan kepentingan anggotanya di bidang pendidikan Kristen sehingga memenuhi fungsi, peran dan tugas panggilannya dengan lebih baik.

VISI

Setelah melalui langkah-langkah analisis internal, eksternal dan meneropong kecenderungan perubahan 20 tahun mendatang serta membuat skenario ke depan, ditetapkanlah Visi MPK tahun 2025 yaitu :

Di tahun 2025 MPK menjadi penguat dan pembaru penyelenggara pendidikan Kristen jenjang dasar dan menengah di Indonesia yang terpercaya dan berwibawa.

MISI

 

Misi MPK untuk mencapai visi tersebut adalah :

    • Memperjuangkan secara konsisten aspirasi anggota dalam hal mendapatkan tempat untuk memiliki identitas dan ciri khas Kristen di Indonesia
    • Menjalankan studi-studi, penelitian, dialog dan berbagai aktivitas professional serta inovatif di bidang pendidikan yang mendukung penciptaan panduan pelayanan pendidikan Kristen jenjang dasar dan menengah di Indonesia
    • Mempromosikan standar terbaik kepemimpinan, manajemen dan organisasi penyelenggaraan serta pengelolaan pendidikan Kristen jenjang dasar dan menengah di Indonesia
    • Membangun jejaring dan menciptakan berbagai wahana peningkatan kompetensi penyelenggaraan serta pengelolaan pendidikan Kristen jenjang dasar dan menengah di Indonesia
    • Melahirkan dan memublikasikan ke berbagai media masa secara periodik, hasil-hasil studi dan penelitian di bidang pendidikan yang mampu menjadikannya acuan dan masukan-masukan penyusunan kebijakan pendidikan yang berkualitas unggul di Indonesia.
    • Bersama-sama dengan unsur masyarakat dan mitra kerja di dalam dan luar negeri mengupayakan pemberdayaan, alternative pembiayaan, pemerataan serta peningkatan kualitas pendidikan Indonesia

Untuk dapat mencapai Visi Tahun 2025, MPK perlu menetapkan grand strategy dalam rangka menyingkapi berbagai pengaruh dan perubahan eksternal yang semakin intensif, ektensif dan cepat. Grand Strategy ini dimaksudkan untuk membangun tahapan strategi utama sebagai pedoman mencapai profil MPK menjadi lembaga yang TERPERCAYA dan BERWIBAWA.

PROGRAM KEGIATAN MPKW VII – JAWA TIMUR

TAHUN 2013

 

I. BIDANG PEMBINAAN DAN PERENCANAAN PENDIDIKAN

I.1 Manajemen, Organisasi, Jejaring, & Kerjasama.

I.2 Peningkatan Mutu Kepemimpinan.

I.3 Inovasi Pendidikan.

I.4 P4TK Trampil.

I.5 Global Accreditation Association.

 

II. BIDANG KEUANGAN DAN PERBENDAHARAAN

II.1 Pengelolaan Anggaran.

II.2 Kebijakan Anggota MPKW.

II.3 Upaya Penggalangan Dan Kemandirian(CSR,DONATUR,PROGRAM).

II.4 Ketentuan Tentang Iuran dan Sumbangan Anggota.

II.5 Klarifikasi Pelunasan Iuran Anggota.

 

III. BIDANG STRATEGI DAN KEBIJAKAN

III.1 Garis Besar Kebijakan.

III.2 Tindak Lanjut Judical Review UU YAYASAN, al. Revisi UU SISDIKNAS KTSP.

III.3 *Tindak Lanjut Usulan Penjelasan UU14/2005 dan UU 13/2003.

III.4 Pesan dan Rekomendasi KONGRES Manado dan SPP I di Bali.

 

 IV. BIDANG ORGANISASI DAN HUBUNGAN KERJASAMA

IV.1 Garis-Garis Besar Program Kerja MPKW dan Bidang Hubungan Kerjasama Tahun 2013 – 2015.

IV.2 Mengajak Badan Penyelenggara(YAYASAN/PERHIMPUNAN/BADAN) Yang Belum Agar Menjadi Anggota.

IV.3 Penyelenggara Rapat Rutin Pengurus, Rapat Kerja MPKW VII – Jatim dan Terlibat Dalam SPP MPK Di Indonesia.

IV.4 Hubungan Kerjasama Mendorong Pengurus Korda / Yayasan Anggota Untuk Berperan Serta Secara Aktif Dalam Kepengurusan BMPS Tingkat Kabupaten / Kota.

 

Print Friendly
Share on FacebookShare on Google+Share on LinkedInTweet about this on Twitter